Rabu, 24 April 2013

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)



Tugas Psikologi Pendidikan : Pendapat mengenai Pendidikan Anak Usia Dini pada Masa kini



2.1 Pengertian Pendidikan anak Usia Dini
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah “suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.” (UU No 20 Th 2003, Ps.1, butir 14)
2.2 Tujuan Umum PAUD :
Membantu mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan : “ Fisik, intelektual, emosional, moral & agama “ secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang kondusif, demokratis & kompetitif.
2.3 Pengertian Pendidikan Anak Prasekolah
 Undang-Undang RI Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan  Nasional, Pasal 12 Ayat 2 menyebutkan bahwa pendidikan anak prasekolah adalah pendidikan yang diselenggarakan untuk mengembangkan pribadi, pengetahuan dan keterampilan yang melandasi pendidikan dasar serta mengembangkan diri secara utuh sesuai dengan asas pendidikan sedini mungkin seumur hidup (Patmonodewo, 2003).
Biechler dan Snowman (dalam Patmonodewo, 2003) :anak prasekorah adalah anak yang berusia antara 3-6 tahun. Menurut The National Association for The Education (Patmonodewo, 2003), istilah preschool adalah anak antara usia “toodler” (usia dimana anak mulai berjalan sendiri sampai usia tiga tahun) dan usia masuk kelas satu (biasanya antara tiga sampai dengan lima tahun).
2.4  Jalur Penyelenggaraan

Ø  Jalur  Formal : Taman Kanak-kanak(TK), Raudhatul Athfal (RA), atau bentuk lainsederajat
Ø  Jalur Nonformal : Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain sederajat
Ø  Jalur Informal : Pendidikan Keluarga atau Pendidikan yang Diselenggarakan oleh Lingkungan 


22.5  Kesimpulan
Dari uraian sebelumnya, maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
a.          Sebagaimana tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pendidikan anak usia dini  adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
b.         Berbagai pandanga ahli pendidikan anak menyampaikan betapa pentingnya pendidikan di usia dini sebagai landasan bagi keberhasilan pendidikan di jejang berikutnya. Begitu juga mereka berpendapat bahwa pendidikan di usia dini akan menentukan perkembangan anak baik perkembangan intelektual, emosi sosial, spriritual, ataupun aspek lainnya.

2.2.6    Saran
Dari uraian di atas,  dalam hal ini mengajukan beberapa saran antara lain.
a.             Perlu adanya pengembangan yang lebih optimal terhadap pendidikan anak usia dini, baik yang dilakukan oleh pemerintah, keluarga maupun masyarakat. Masa prasekolah yang disebut dengan masa keemasan perkembangan intelektual seharusnya dijadikan dasar bagi upaya meningkatkan kemajuan pendidikan di Indonesia.
b.             Sosialisasi tentang pentingnya pendidikan anak usia dini harus terus dilakukan, karena berdasarkan data yang ada angka partisipasi kasar masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini masih sangat rendah.
c.             Kualifikasi pendidik anak usia dini harus terus ditingkatkan baik kualifikasi akademisnya maupun dalam bentuk pelatihan dan penataran lainnya.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar